ABSTRAK

 PENGGUNAAN INTERNET DIKALANGAN PERS MAHASISWA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASA KINI

Maya Saroh (A 410 080 110). Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 Tujuan dari penulisan makalah ini adalah mengidentifikasi pengaruh penggunaan internet di kalangan pers mahasiswa sebagai media komunikasi masa kini. Mengetahui keunggulan dari penggunaan penggunaan internet sebagai media komunikasi masa kini dikalangan pers mahasiswa. Menambah wawasan mengenai contoh–contoh pemakaian internet dikalangan pers mahasiswa.

Adapun metode yang digunakan untuk membuat makalah ini adalah dengan mengumpulkan sumber–sumber data yang berasal dari media internet itu sendiri. Setelah materi dikumpulkan, kemudian dilakukan penyuntingan terhadap materi–materi tersebut. Teknik pencatatan masih dilakukan guna menyunting data yang berhubungan dengan isi dari makalah ini.

Dengan makin berkembangnya teknologi Informasi menyebabkan internet saat ini seakan menjadi sebuah kebutuhan. Internet dijadikan salah satu alat informasi dan komunikasi yang sangat diminati masyarakat. Dalam kaitannya dengan pers mahasiswa , penggunaan internet sebagai media komunikasi masa kini dikalangan pers mahasiswa merupakan tindak lanjut dari adanya perkembangan kemajuan teknologi yang amat pesat. Dan ketersediaannya media online dalam pendistribusian informasi akan lebih mempercepat untuk kalangan pers mahasiswa. Contoh penggunaan website sebagai media online banyak dipilih oleh kalangan pers mahasiswa untuk menyajikan informasi yang informatif dan komunikatif  serta up to date. Keunggulan dari penggunaan internet itu sendiri terdapat dalam kecepatan dan daya jangkaunya.

 BAB I

PENDAHULUAN

           

A.    Latar Belakang 

Di era pasca reformasi sekarang ini, pers mahasiswa dirasakan kurang terdengar gaungnya. Ketika kebebasan informasi menjadi milik kita semua dan media massa (baru) tumbuh subur, kondisi pers mahasiswa justru semakin tenggelam. Eksistensi pers mahasiswa  yang dahulu dibanggakan kini seakan memudar seiring bergulirnya zaman. Lebih ironisnya lagi, dilingkungan kampusnya sendiri pun pers mahasiswa kurang populer. Jika menilik sejarah, pers mahasiswa mengalami periodesasi sejarah yang tidak dapat dilupakan dalam sajarah pergerakan. Setidaknya terdapat fase dalam pergerakan pers mahasiswa. Pertama fase sebelum kemerdekaan , pada awal kemerdekaan yang ditandai munculnya rezim orde lama, ketiga Fase pemerintahan orde baru hingga saat ini.

 Kehidupan pers mahasiswa diawal orde baru sangat dinamis. Mereka mrnikmati kebebasan  pers sepenuhnya. Sampai dengan tahun 1974 , pers mahasiswa hidup diluar lingkungan kampus. Artinya , kehidupan mereka benar  – benar tergantung pada kemampuan mereka untuk dibeli oleh masyarakat diluar kampus. Periode 1980-an , pers mahasiswa berada dikampus kembali. Hal itu tidak lepas dari keadaan sistem politik waktu itu, yang dimulai melakukan kontrol ketat atas pers mahasiswa, pers mahasiswa terbit diluar pers umum. Sedang pers mahasiswa yang berada dikampus diberi bantuan secara financial oleh universitas. Seiring dengan ketergantungan itu, visi mereka pun mulai mengalami perubahan. Tidak dapat disangkal , perjuangan pers kampus masa itu menuai sejumlah pujian dari berbagai kalangan masyarakat. Bahkan , sejumlah media ternama diluar negeri pun menggunakan pers kampus sebagai narasumber berita.

Dalam peranannya, pers mahasiswa memiliki role yang jelas yaitu menjadi corong demokrasi bersama dengan kaum pergerakan dalam rangka mengkritisi rezim yang berkuasa. Pers mahasiswa sebagai media komunitas dituntut peka dan peduli terhadap masalah–masalah yang muncul dalam. Pers mahasiswa cukup menyampaikan opini dengan sudut pandang komunitasnya(kampus) dalam menyikapi permasalahan nasional yang muncul. Pera  mahasiswa dalam segi output penerbitan , kemasan ( layout ) dan rubrikasi majalah atau bulletin yang konservatif sudah selayaknya ditinggalkan. Pers mahasiswa harus lebih kreatif dalam membuat konsep baru terbitan supaya dapat diterima dan diapresiasikan dengan baik oleh mahasiswa yang notabene pasar utama pers mahasiswa. Untuk mendukung pers mahasiswa sebagai media komunitas, para pegiat pers mahasiswa harus lebih jeli dalam memanfaatkan kesempatan untuk lebih berkembang.

Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat belakang ini , pers mahasiswa dapat lebih memainkan peran dalam komunitasnya. Dengan media Internet, pers mahasiswa dapat melebarkan sayapnya via website maupun blog. Media–media online ini dapat berfungsi sebagai wadah komunikasi antara pers mahasiswa dengan komunitasnya(civitas akademika dan masyarakat) sekaligus menjembatani komunikasi antar pers mahasiswa seluruh Indonesia. Website juga dapat berfungsi sebagai publikasi majalah elektronik, opini, dan berita terbaru sekitar kampus dan sebagainya. Kini kampus–kampus di Indonesia saling terhubung internet yang praktis dan tidak mudah dikendikan oleh penguasa.

 B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Apakah internet itu?
  2. Bagaimana pengaruh penggunaan internet dikalangan pers mahasiswa sebagai media komunikasi masa kini?
  3. Apa keunggulan dari penggunaan internet untuk kalangan pers mahasiwa?
  4. Bagaimana contoh bentuk pemanfaatan internet dikalangan pers mahasiswa?

 C. Tujuan penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi tentang sejarah internet
  2. Mengidentifikasi pengaruh penggunaan internet dikalangan pers mahasiswa sebagai media komunikasi masa kini
  3. Mengetahui keunggulan dari penggunaan internet sebagai media komunikasi dikalangan pers mahasiswa
  4. Mengetahui contoh–contoh bentuk pemanfaatan internet dikalangan pers mahasiswa.

 D. Manfaat Penelitian

  1. Dapat menambah wawasan tentang sejarah internet
  2. Dapat mengetahui seberapa jauh pengaruh penggunaan internet  dikalangan pers mahasiswa sebagai media komunikasi masa kini
  3. Menambah wawasan mengenai keunggulan internet yang dapat mendukung kerja pers mahasiswa
  4. Dapat mengetahui contoh–contoh bentuk pemanfaatan internet dikalangan pers mahasiswa

 Pers mahasiswa merupakan sarana bagi manusia untuk menyalurkan ide kreatif dalam bentuk tulisan dan melahirkan pikiran segar serta guna mengaktualisasikan diri dalam merespon permasalahan keumatan. Keberadaan pers kampus dalam realita empiris sangat signifikan untuk mensosialisasikan alternative pemikiran – pemikiran terhadap permasalahan  – permasalahan yang tengah berlangsung di tengah mahasiswa maupun masyarakat . Pers mahasiswa dalam pengertian sederhana adalah pers yang dikelola oleh mahasiswa. Pada dasarnya fungsi dari pers mahasiswa adalah sebagai sarana hiburan, sarana pendidikan, informasi dan control sosial. Posisi mahasiswa sebagai articulator antara pemerintah dan masyarakat, menjadikan pers mahasiswa sebagai sumber informasi yang berpengaruh dalam negara yang berkembang. Pers kampus atau pers mahasiswa harus peka terhadap kondisi sosial politik dari tanah air sekarang ini . Sebagai wadah aspirasi mahasiswa, pers mahasiswa merupakan perwujudan dari sikap mahasiswa yang ingin menata sebuah sistem dinamis, dan bebas dari bentuk interfensi.

 Menurut telaah Siregar (1983) , pers mahasiswa pada zaman liberal (1945-1959) ditandai dengan visi untuk pembangunan karakter bangsa yang dikenal dengan sebutan nation building. Menurut Nugroho Notosusanto, pers mahasiswa disebut dengan community pers , yang artinya pers mahasiswa hanya untuk melayani komunitas mahasis wa saja. Dalam pergerakannya, pers mahasiswa tidak semata mata mempublikasikan tulisan–tulisan kritis, namun dalam penyampaiannya pers mahasiswa dapay menyikapi permasalahan nasional yang muncul. Sumber berita yang diambil oleh pers mahasiswa dapay berasal dari mahasiswa itu sendiri atau berasal dari media internet. Pers kampus sebagai bentuk organisasi mandiri idealnya  harus lembaga yang mampu memberikan informasi yang akurat. Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, banyak pers mahasiswa yang menggunakan internet sebagai media komunikasinya.

 Internet merupakan sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia. Asal usul internet berasal dari jaringan computer yang dibentuk pada tahun 1970-an. Jaringan computer tersebut Aparnet, yaitu jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Selanjutnya, jaringan computer tersebut diperbaharui dan dikembangkan, dan sampai sekarang penerusnya menjadi tulang punggung global untuk sumber daya informasi yang disebut internet. Daya guna internet terletak pada informasi itu sendiri, bukan pada jaringan komputer. Pada tahun 1990 internet banyak dipakai dikalangan akademis dan pemerintahan, hingga akhirnya diumumkan aplikasi WWW(Word Wide Web) yang sangat membantu dikalangan nonakademis ke jaringan.. Dapat dikemukakan bahwa dalam penyampaian informasinya dapat membantu peranan pers nahasiswa dalam kecepatan pendistribusian informasinya.  .

 BAB  III

    PEMBAHASAN

A.    Sejarah Internet

Pengertian Internet

Internet adalah suatu jaringan komputer yang sangat  besar, terdiri dari jutaan perangkat computer yang terhubung melalui suatu protokol tertentu untuk pertukaran informasi antar computer tersebut. Salah satu keistimewaan internet adalah memungkinkan hamper semua jenis komputer dapat berhubungan satu sama lain mulai dari mainframe yang canggih diperusahaan-perusahaan besar sampai komputer-komputer pribadi dirumah. Komputer -komputer ini terhubung dengan berbagai cara antara lain melalui ISDN (Intregated Service Digital Network ), pesawat telepon,serat optic dan bahkan melalui satelit. Semua computer yang terhubung ke internet melakukan pertukaran informasi melalui protocol yang sama dengan cara TCP\IP (Transmissions Control Protokol \ Internet Protokol). Kebanyakan computer di Internet juga merupakan bagian dari jaringan yang lebih kecil dari suatu persahaan atau intuisi pendidikan.

Berdasarkan perkiraan sampai pada bulan januari 1995, tidak kurang sebanyak 20 juta buah computer terkoneksi didalam internet dan jumlah ini akan terus menerus meningkat sejalan dengan adanya peningkatan jumlah penyelenggara internet diberbagai Negara. Internet tidak hanya merupakan jaringan computer yang besar, melainkan juga pembentuk suatu komunitas yang melampoi batas-batas suatu Negara, yang menghimpun kelompok social, intelektual dan psikologik yang luas. Internet sebagai suatu komunitas mempunyai aturan-aturan tertentu yang terkenal dengan istilah IRL( In Real Life ). Setelah terkoneksi dengan internet, berbagai program dapat di download secara gratis oleh pemakai jasa internet. Selain program-program komunikasi yang berhubungan dengan akses internet, informasi-informasi tentang perusahaan atau publikasi ilmiah dan hasil-hasil riset dari berbagai universitas.

         Walaupun pertukaran informasi ini tidak dipungut biaya, namun para pemakainya dibatasi oleh suatu kode etik informasi yang disebut Netiquette. Salah satu kode etik ini adalah menyebutksn bahwa para pemakai dihimbau untuk tidak melakukan download file-file dari tempat yang jauh sementara computer local yang dekat juga menyimpan informasi yang sama. Kecepatan transmisi informasi melalui Internet bervariasi tergantung dari perangkat keras yang digunakan, jenis koneksinya dan kapasitas informasi yang sedang ditransmisi saat itu. Kecepatan akses melalui modem pada computer rumah lebih lambat jika dibandingkan dengan lingkungan perusahaan atau institusi pendidikan.

 B.     Pengaruh Penggunaan Internet dikalangan pers mahasiswa

Dalam perkembangan dunia saat ini, internet memang menjadi salah satu alternative bagi kalangan pers, khususnya pers mahasiswa. Pers mahasiswa yang terobsesi untuk memproduksi karya – karya jurnalistiknya dapat menyalurkan obsesinya agar karya–karya yang dituangkan dapat dibaca oleh banyak orang. Munculnya pers kampus online merupakan suatu tindak lanjut dengan adanya penggunaan internet sebagai media komunikasi dan informasi mahasiswa. Pers kampus onlinr merupakan terbitan majalah mahasiswa yang dionlinekan dengan perkembangan teknologi internet, pers mahasiswa dapat menyatukan dunia mahasiswa dan kampus di berbagai kota.

Beberapa pers mahasiswa yang menggunakan internet sebagai media online banyak yang menampilkan dalam bentuk sebuah situs web. Padahal, “online mencakup” berbagai tempat perkara (venue): web, email, bulletin board system, IRC, dan lainnya. Penggunaan web dikalangan pers mahasiswa dapat mempermudah pers mahasiswa dalam menyediakan isi dengan features informasi yang sangat kaya. Pers kanpus online dapat menjadi berbeda dengan pers  mahasiswa pada umumnya karena pers kampus online dilangsungkan diatas sebuah media baru yang mempunyai karakteristik berbeda – beda baik dalam format isi, maupun mekanisme dan proses hubungan antara penerbit dan pembacanya. Dengan adanya pers kampus online , memudahkan bagi pers mahasiswa dan pembacanya untuk membuat peralihan waktu penerbitan dan pengaksesan.

Karakteristik dari pers kampus online adalah kemudahannya dalam menerbitkan maupun mengarsip informasi – informasi dengan cepat dan mudah. Selain itu, sifat yang real time dapat mempermudah pers mahasiswa untuk lebih leluasa untuk mempublikasikan tanpa ada pembatasan periodesasi maupun jadwal penerbitan. Kapan saya dan dimana saya selama pers mahasiswa terhubung dengan jaringan internet, maka pers mahasiswa mampu mempublikasikan berita, informasi, dan peristiwa yang terjadi pada saat itu juga. Hal ini yang menyebabkan para pembaca(mahasiswa) untuk mendapatkan informasi yang lebih terbaru.

Penyajian pers mahasiswa dalam bentuk pers kampus online melalui media internet mampu menyajikan bentuk dan isi publikasi yang lebih menarik dan kreatif. Dengan sifatnya yang onlie, pers kampus dapat bersifat interaktif. Artinya, dengan memanfaatkan hyperlink yang terdapat pada web, karya – karya pers kampus online dapat menyajikan informasi yang terhubung dengan sumber – sumber lain. Hal ini dimaksudkan agar pengguna pers kampus onlie dapat menikmati informasi secara efisien dan efektif namun tetap terjaga dan didorong  untuk mandapatkan pendalaman dan titik pandang yang lebih luas bahkan sama sekali berbeda.

Teknologi internet juga dapat membuka peluang kepada  para pers kampus onlie untuk menyediakan features yang memungkinkan sajiannya bersifat customized tersaji sesuai dengan prefensi masing – masing mahasiswa yang membacanya ; yang memungkinkan para mahasiswa dapat berinteraksi lebih cepat, lebih sering, lebih intens antara sesame mahasiswa dan komunitasnya. Dengan karakteristik – karakteristik tersebut tersirat bahwa pers kampus online dalam penyelenggaraannya membutuhkan penanganan yang berbeda agar dapat dinikmati oleh penggunanya.

 Keunggulan internet sebagai media komunikasi masa kini dikalangan pers mahasiswa

Pada dasarnya internet sebagai media komunikasi masa kini dilakangan pers mahasiswa mempunyai dua kelebihan, yaitu kecepatan dan daya jangkau.

1)      Kecepatan

Penggunaan perkembangan teknologi internet dapat mendukung   kecepatan pendistribusian informasi oleh pers mahasiswa. Dengan adanya internet, pers mahasiswa dapat memaksimalkan peranannya sebagai sarana penyaji informasi atau berita untuk kalangan pers mahasiswa di suatu perguruan tinggi. Pemanfaatan faktor kecepatan oleh kalangan pers mahasiswa  dapat menambah nilai website yang dibuat oleh pers mahasiswa. Dengan faktor kecepatan, pers mahasiswa dapat menyajikan liputan aktualnya melalui medium masa kini. Pers mahasiswa juga dapat memperoleh efek yang benar dari produk pemberitaan yang dihasilkan.

2)      Daya Jangkau

Daya jangkau yang diberikan oleh internet sebagai media komunikasi dikalangan pers mahasiswa adalah jaringan yang mendunia. Artinya pers mahasiswa dapat mendistribusikan informasinya tersebut hingga sampai pada pelosok dunia. Pengaksesan informasi antar kampus atau antar mahasiswa tidak dapat dibatasi oleh siapapun. Karena internet sebagai media komunikasi memberikan akses tanpa batas untuk mrningkatkan keilmuannya. Media internet memberikan kesempatan kepada pemakai diseluruh dunia untuk memudahkan berkomunikasi dan memakai bersama sumber daya informasi. Termasuk memudahkan pers mahasiswa dalam penyampaian informasi yang terbaru serta up to date tanpa adanya tatap muka hanya dengan menggunakan elektronik mail(e-mail)

 D.    CONTOH – CONTOH BENTUK PEMANFAATAN INTERNET  DIKALANGAN PERS MAHASISWA

  1. Adanya pemakaian media online

Media online merupakan media yang mengkombinasikan teks , audio, dan visual, baik yang pasif atau bergerak didalam sebuah jaringan elektronik global dan menjangkau  pendengar dan pemirsa. Dalam kaitan hubungannya dengan pers mahasiswa, media online dapat dijadikan suatu acuan atau cara bagaimana mendistribusikan informasi secara lebih cepat kepada kalayak yang lebih luas, tanpa ada batasan waktu dan ruang.Pers mahasiswa dapat mengadopsi pola kerja media online dalam menyajikan berita. Konsep dasar jurnalistiknya tidak ada yang perlu diubah. Dalam pemakaian online oleh pers mahasiswa , pers mahasiswa harus mengetahui sasaran atau audiens. Informasi yang akan diberikan harus menarik dan bahasa yang digunakan untuk menggambarkan informasi tersebut harus komunikatif.

Fungsi media online :

  1. Memberikan informasi
  2. Memberikan hiburan
  3. Melaksanakan pengawasan social

Macam-macam media online

  • Website

Website atau situs merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam, atau gerak, video, dan gabungan dari semuanya yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu jaringan bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman(hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap,jarang berubah,dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasinya selalu berubah-ubah dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Jika memperhatikan pers kampus online belakangan ini cukup banyak website pers kampus yang menarik. Baik segi design, sajian informasi yang informatif dan komunikatif serta up to date.

  • BLOG

Blog merupakan kependekan dari weblog istilah yang digunakan pertama kali oleh Join Berger pada bulan desember 1997. WebLog merupakan sebutan bagi kelompik website pribadi yang selalu diupdate secara continue dan berisi link–link ke website lain yang dianggap menarik dan disertai komentar. Weblog memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah. Dalam kaitannya dengan pers mahasiswa , penggunaan weblog dapat mempermudah memperluas hubungan antar komunitas pers mahasiswa. Personal homepage yang diberikan oleh beberapa situs gratis. Pers mahasiswa dapat mempublikasikan tulisan dan gambarnya dengan mudah tanpa mengerti bahasa pemrograman apapun.

  • Adanya penggunaan Email antar pers mahasiswa

Email (Elektronik mail ) atau disingkat email termasuk salah satu alat internet yang berguna dan biasanya orang mulai berkenaan dengan internet melalui aplikasi. Email adalah cara mengirimkan pesan timbal balik antara orang-orang yang memiliki alamat internet, serta orang-orang pada jaringan lain yang punya hubungan email ke internet. Internet mendukung beberapa bentuk email yang berguna, antara lain komunikasi orang ke orang yang dikirim ke alamat penerima, komunikasi  satu kebanyak orang agar pesan dapat dibaca oleh banyak orang tanpa dikirim kekotak pos masing-masing. Pengguna email dikalangan pers mahasiswa bukan merupakan hal yang baru bagi komunitas ini. Pada saat almarhum Soeharto diturunkan, pers mahasiswa sudah menggunakan email sebagai sarana untuk bertukar informasi.

Kelebihan email :

  • Kecepatan

Misalnya saja seorang wartawan di St. PeterBurg, Rusia, melaporkan mendapat jawaban atas email yang dikirimkannya ke Washington DC dalam waktu kurang dari empat jam. Pers mahasiswa dapat mengirim atau memperoleh informasi kapan saja, dan dapat diakses secara cepat.

  • Mudah

Penggunaan program perangkat lunak untuk email memungkinkan pengguna menjawab pesan-pesan secara otomatis cukup dengan menekan beberapa tombol saja. Kemudahan tersebut dapat mempermudah pers mahasiswa dalam pengaksesan informasi antar pers mahasiswa dilain tempat. Informasi yang diterima melalui email dapat dengan mudah diteruskan ke pihak lain. Kemudahan penggunaan email sangat berguna bagi kalangan pers mahasiswa yang ingin mendapatkan reaksi sumber-sumber informasi atas ulasan yang dibuat oleh kalangan pers mahasiswa satu sama lain.

  • Tidak resmi

Penggunaan alamat email berbeda dengan pengiriman informasi melalui surat menyurat. Pesan yang dikirimkan dapat sangat singkat dan langsung kepersoalan. Dalam penggunaan email, gaya tidak resmi diberlakukan karena informasilah yang paling penting. Hal ini memudahkan pers mahasiswa apabila ingin mengirimkan informasinya secara singkat dan padat.

  • Baru

Penggunaan email untuk berkomunikasi bagi kalangan pers mahasiswa dirasakan amat penting. Bila seseorang telah menggunakan email, ia akan sering memeriksa apakah ada pesan datang atau tidak. Hal ini memudahkan untuk saling bertukar informasi antar sesame pers mahasiswa. Dimungkinkan pertukaran informasi lebih cepat karena secepatnya pesan tersebut akan dibalas apabila sesame pers mahasiswa sering memeriksa kotak masuknya.

BAB IV

PENUTUP

 KESIMPULAN

  1. Internet merupakan singkatan dari interconection networking, yang merupakan jaringan komputer-komputer yang terhubung di seluruh dunia. Jaringan komputer ini mempunyai skala global yang membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi.
  2. Pengaruh dari penggunaan internet dikalangan pers mahasiswa yaitu adanya pers kampus online. Pers kampus online merupakan terbitan majalah mahasiswa yang ditontonkan lewat internet.
  3. Keunggulan dari internet di kalangan pers mahasiswa adalah mencakup 2 hal yaitu ketepatan dan daya sangkanya sebagai media komunikasi dalam mendistribusikan informasinya.
  4. Contoh-contoh bentuk dari pemanfaatan internet di kalangan pers mahasiswa adalah adanya penggunaan media online sebagai sarana menyebarkan informasi. Adanya penggunaan email sebagai alat menukar informasi di kalangan pers mahasiswa di lain tempat.

 Saran

            Peranan pers mahasiswa dalam suatu kampus hendaknya dapat dimaksimalkan dengan adanya kemajuan teknologi saat ini. Penggunaan internet sebagai media komunikasi masa kini di kalangan pers mahasiswa dapat memaksimalkan kinerja pers mahasiswa dalam menyebarkan informasi di kalangan tingkat universitas. Karena internet sebagai jaringan komunikasi dan informasi yang informatif dan komunikatif. Diharapkan pers mahasiswa di universitas-universitas yang sudah maju dapat menyalurkan ide kreatifnya dalam memanfaatkan teknologi yang sudah maju seperti saat ini.

Daftar pustaka

 Kassier, JP., Angell M. The Internet and The Journal N. Eng J med, 1995 j 332; 17 09-10

Sidharta L. Internet, Informasi Bebas Hambatan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1996

Pers mahasiswa dan permasalahan operasionalnya. Ana Nandya Abiar. 1992. Yogyakarta: Liberty

Nana. 2008. “Pengertian Internet” (online), (http://www.total.or.id/info.php)

Priono Subardan. 2008 ”Blog dan Segudang Manfaat yang Diberikan”, (http://id.wordpress.com/tag/manfaat-blog/)

Cokorbass. 2009. ”Sejarah Internet-Pengertian Internet-Manfaat Internet” (http://www.sejarah_internet.com/)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s